PENGURUS RUMAH PRODUKTIF INDONESIA (RPI) MENGIKUTI TOT MODERASI BERAGAMA DAN BELA NEGARA

0
249

INN.CO.ID, Karawang – Ekstrimisme mengatasnamakan agama masih menjadi persoalan besar sampai saat ini. Dalam realitasnya, terpaparnya sebagian masyarakat kepada ekstrimisme, termasuk dikalangan terpelajar seperti mahasiswa, guru dan dosen.

Menulis artikel dengan judul “Moderasi Beragama Dalam Islam Perspektif at-Tahawi dan Relevansinya Dengan Bela Negara” yang ditulis oleh Ainur Alam Budi Utomo, S.Pd.I., M.Si., M.Pd sukses dan lolos menjadi peserta  “Training of Trainers (ToT) Moderasi Beragama dan Bela Negara bagi Dosen PAI Pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Kerjasama dengan Pusdiklat Teknis Keagamaan Kementrian  Agama RI”

“Kegiatan ToT ini sangat penting untuk diikuti oleh peserta dari kalangan  mahasiswa dan dosen pada Perguruan Tinggi Umum dan setelah mengikuti kegiatan tersebut,  hendaknya setiap peserta  mendiseminasikan pengetahuannya selama mengikuti ToT dan  membentuk gerakan kepeloporan Moderasi Beragama dan Bela Negara di universitasnya masing-masing agar tujuan akhir dari Implementasi Moderasi Beragama dan Bela Negara tercapai secara efektif dan efisien” tutur Ainur Alam (Aal).

Pengurus Pusat Rumah Produktif Indonesia (RPI) sekaligus dosen Tetap Program Studi PAI  Universitas Buana Perjuangan Karawang ini menambahkan “kasus ekstrimisme yang terjadi di kalangan terpelajar  dapat diatasi dengan Moderasi Beragama dan diperkuat dengan Bela Negara, dimulai dengan kesadaran dari diri sendiri dalam mengimplementasikannya, kemudian menjadi agen perubahan dan tentunya menjadi tauladan dalam cara berfikir, sikap dan perilaku”, terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan Training of Trainers (ToT) Moderasi Beragama dan Bela Negara bagi Dosen PAI Pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) ini dilaksanakan  pada hari Senin s.d Sabtu, 24 – 29 Juli 2023 di Tangerang yang dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, bapak Prof. Dr. Ali Ramdhani.  Dalam kegiatan tersebut juga menurut keterangan Kepala Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum (PTU), bapak Dr. M.Munir, kegiatan ToT ini diikuti oleh 40 (empat puluh) Dosen Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan diorientasikan menjadi Trainer yang profesional sekaligus Penggerak Moderasi Beragama dan Bela Negara.

LEAVE A REPLY