LCJ Cosmopolitan & LCJ Metropolitan bersama Pelita Air Service, RS Jantung Jakarta serta PMI DKI Gelar Kegiatan Donor Darah

0
137

Jakarta – Lions Club Jakarta (LCJ) Cosmopolitan & Lions Club Jakarta (LCJ) Metropolitan menggelar kegiatan donor darah di Ruang Serbaguna Pelita Air Service pada Rabu (22/8). Selain berkolaborasi dengan Pelita Air Service, kegitan ini juga dilaksanakan bersama RS Jantung Jakarta dan PMI DKI.

“Ini merupakan satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan donor darah,” ujar Direktur Keuangan Pelita Air Service Wisnu Wardhana dalam sambutannya.

Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya donor darah rutin memiliki dampak positif bagi diri sendiri terlebih jika masih berusia muda.

Selaras dengan yang disampaikan Wisnu, Perwakilan dari RS Jantung Jakarta, Ratri Wulan, menyatakan bahwa dengan melakukan donor darah secara rutin dapat menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

“Bahkan kemungkinan terkena penyakit jantung sebanyak 88% lebih rendah daripada yang tidak melakukan donor darah,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan donor darah regenerasi darah dalam tubuh akan berlangsung lebih cepat, oksidasi kolesterol menjadi lebih lambat. Selain itu, aliran darah juga menjadi lebih lancar dan mampu mencegah penimbunan lemak dan hasil oksidasi kolesterol pada dinding pembuluh darah jantung.

Dalam kegiatan Donor Darah ini, RS Jantung Jakarta memberikan support pemeriksaan kesehatan bagi peserta donor darah serta seluruh tim yang terlibat kegiatan ini. Pemeriksaan kesehatan seperti cek Gula Darah, Asam Urat & Kolesterol yang cukup membayar 35 ribu rupiah dan EKG.75 ribu rupiah.

Dr. Sahrianta Tarigan, Pengurus PMI DKI turut menyampaikan dalam sambutannya bahwa donor darah sangat penting untuk kesehatan tubuh karena akan tumbuh sel-sel baru.

“Maka semakin sering kita donor darah berarti kita semakin sehat. Menurut medis dua bulan sekali sel darah kita ada yang mati, ini akan bahaya di usia 50 tahun ke atas akan menimbulkan berbagai penyakit,” jelasnya.

Hadir pula dalam acara ini perwakilan dari Perkumpulan Lions Indonesia yaitu Komite Marketing & Grant  Distrik 307- A1 Ratna Ariani, President Candra Sapta dari LCJ Metropolitan dan President Dian Namantha dari LCJ Cosmopolitan beserta para member.

Ratna menyampaikan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Lions Club, bahkan tahun lalu Lions Club menyumbangkan 10,000 kantong darah untuk PMI.

Perkumpulan Lions Club Indonesia Multi Distrik 307 merupakan bagian dari Lions International yang berpusat di Oakbroak Illinois Amerika Serikat. Lions Club International berdiri sejak tahun 1917 dan merupakan organisasi pengabdian kemanusiaan terbesar di dunia dengan sekitar 1,4 juta orang tersebar di 200 negara. Perkumpulan Lions Club Indonesia didirikan sejak tanggal 18 November 2022. Saat ini sekitar 12.000 anggota Lions Club dari sekitar 400 club tersebar di berbagai kota melayani di Indonesia.

Selain donor darah, ada 5 (lima) pilar pengabdian yang utama di Lions Club yaitu pelayanan bagi pasien kanker anak dan keluarganya, meningkatkan pemahaman dan perhatian bagi penderita diabetes, perbaikan kebutuhan akan pangan berkualitas, perbaikan lingkungan hidup, juga program kesehatan mata.  Penyelenggaraan donor darah ini merupakan perwujudan kepedulian Lions Club akan kebutuhan darah di Jakarta.*

LEAVE A REPLY