Intani Bagi Garam Sehat untuk Petani Ujung Genteng

0
22
Donasi Garam Intani Untuk Masyarakat di Ujung Genteng, Sukabumi (20/1/2022)

INN.CO.I kmD-SUKABUMI – Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani) memberikan bantuan garam beryodium untuk masyarakat, khususnya petani, nelayan, dan santri.

Pemberian garam sehat antara lain dilaksanakan di pesantren dan komunitas di kawasan Ciracap, Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi, Kamis 20/1/2022. Ini merupakan kolaborasi Intani bersama Yayasan Yesindo Erabaru Sinergi (YES Foudation).

Ketua Intani Peduli Negeri, Silahudin dan Sekretaris YES Foundation Abarudin menyerahkan 4 ton garam beryodium ke Pesantren Yarpa untuk masyarakat di kawasan Ciracap dan Ujung Genteng.

“Kami mendistribusikan sekitar 7 ton garam di Sukabumi melalui sejumlah pesantren dan komunitas mitra kami,” ungkap Silahudin.

Garam yang didistribusikan di Sukabumi adalah garam produksi petani yang diolah dan dikemas pabrik milik Pesantren Sunan Drajat di Jawa Timur. “Kami membeli garam tersebut untuk membangun masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Ketua Umum Intani Guntur Subagja Mahardika.

Pimpinan Pondok Pesantren Yarpa, KH. Nasir (20/01/2022) menyampaikan terimakasih dan sangat bersyukur dengan adanya bantuan garam ini, “kami sangat berterimaksih atas bantuan ini karena garam merupakan kebutuhan masyarakat sehari-hari untuk dikonsumsi masyarakat terutama penunjang masakan sehari-hari, dan penyaluran garam ini kami lakukan ke 40 pondok pesantren yang ada di wilayah Kecamatan Ciracap dan sekitarnya”.
Dalam kesempatan yang sama Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Kecamatan Ciracap, Mamun M. Nawawi mengomentari pelaksanaan pemberian bantuan garam ini, “Alhamdulillah kami bisa berkolaborasi untuk ikut mendistribusikan bantuan ini langsung ke masyarakat dan menjadi ajang Pemuda Pancasila di kecamatan Ciracap dalam mengisi program kegiatan membantu masyarakat secara langsung.”

Intani membangun ekosistem produk pertanian dan kelautan dengan mengembangkan rantai nilai (value chain) secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Garam beryodium adalah salah satu asupan makanan yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Garam beryodium memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya untuk mencegah penyakit tiroid serta menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Garam beryodium merupakan garam yang sudah difortifikasi/ditambahkan mineral yodium. Fungsi Yodium untuk membantu tubuh memproduksi hormon tiroid. Ini adalah hormon yang berperan dalam mengatur proses metabolisme tubuh dan berbagai fungsi organ di dalam tubuh.

Intani Peduli Negeri adalah badan otonom di bawah Intani, untuk memberdayakan masyarakat dalam aspek sosial, ekonomi, kesehatan. *fr-rls

LEAVE A REPLY