Kemendag Berharap Gernas BBI Sulawesi Utara Ciptakan Onboarding Bagi UMKM

0
64
Dari tengah Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Ida Rustini (foto: dok/Kemendag).

INN.CO.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap pencanangan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia(BBI) dan Bangga Wisata Indonesia(BWI) di Provinsi Sulawesi Utara akan menciptakan onboarding bagi Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM).

“Harapannya tercipta onboarding bagi UMKM, dengan demikian maka diharapkan mereka akan semakin tangguh ke depan dan ini akan memperkuat ekonomi Indonesia,” kata Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Ida Rustini dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (04/6/21).

Onboarding UMKM merupakan edukasi dan pemberdayaan bagi UMKM secara online, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan digitalisasi, serta memberikan semangat baru bagi mereka agar mampu bertahan di era pandemi.

Ida mengatakan UMKM ditantang untuk memanfaatkan teknologi guna memasarkan hasil produksi mereka, karena itu kegiatan BBI diharapkan terjadi onboarding UMKM.

“Target Kementerian Perdagangan dalam tahun 2021 ini, sebanyak 6 juta UMKM bisa onboarding,”kata Ida.

Untuk kegiatan BBI di Sulut, kata Ida, diharapkan BNI sebagai pelaksana kegiatan ini sudah melakukan kurasi UMKM untuk menempati display di pusat pelaksanaan BBI di kawasan belanja Megamas Manado.

Guna keberhasilan Gernas BBI/BWI di Sulut, kata Ida, Kemendag terus melakukan promosi, tidak di Manado saja, tetapi di Jakarta juga, seperti di Kota Kasablanca ada promosi produk Sulut baik pangan maupun nonpangan, termasuk kerja sama dengan 131 hotel dalam jaringan Accor untuk menyajikan menu makanan Sulut satu hari.

“Diharapkan juga warga Kawanua dimana pun berada, dapat membantu mempromosikan kegiatan BBI sekaligus berbagai produk UMKM di Sulut,” kata Ida.

Pelaksanaan Gernas BBI sekaligus BWI yang dinamakan BBI Likupang, direncanakan berlangsung pertengahan Juli 2021(12-14 Juli 2021) .

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek telah diputuskan untuk pusat pelaksanaannya di Megamas Manado dan kegiatan pendukung di empat lokasi lainnya, yakni pusat belanja Manado Town Square (Mantos), pusat belanja Transmart Kairagi, Bandara Sam Ratulangi, dan kawasan Wisata Likupang(Pulisan). (ud/ed).

LEAVE A REPLY