PT Saranagraha Adisentosa Gugat INKOPAU Terkait Hak Kelola Lapangan MNGC

0
301
Direktur PT Saranagraha Adi Sentosa (SAS), Reza A. Renaldi saat menggelar konferensi pers bersama awak media (foto: Indonesiadaily).
Direktur PT Saranagraha Adi Sentosa (SAS), Reza A. Renaldi saat menggelar konferensi pers bersama awak media (foto: Indonesiadaily).

INN.CO.ID – JAKARTA – Direktur PT Saranagraha Adi Sentosa (SAS), Reza A. Renaldi, menjelaskan bahwa pihaknya telah layangkan gugatan kepada Induk Koperasi TNI AU (Inkopau), karena telah mengingkari kesepakatan hak kelola Matoa Nasional Golf Course (MNGC).

Menurut Reza A. Renaldi, pihak INKOPAU selaku kuasa pengelola lahan milik Negara (read: Kemenhan/TNI AU) tidak mematuhi perjanjian yang telah dibuat, dimana PT SAS diberikan hak kelola sejak sejak 1996 hingga 2026.

Namun, kenyataannya mendadak ada pemberitahuan pihak INKOPAU hendak mengambil alih pengelolaannya, dan diserahkan kepada pihak lain secara semena-mena.

“Perjanjian ini terjadi sekitar 30 tahun yang lalu ada hal yang menggaggu sedikit bagi kami, dimana kami sebagai pemegang hak pengelola lapangan golf ini dikurangi menjadi 25 tahun. Kami ingin menuntut keadilan, makanya kami gugat secara huku. Negara kita ini kan negara hukum” kata Reza A. Renaldi saat menggelar konferensi pers di Matoa Nasional Golf Course, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (5/3/2021).

Kemudian, dalam acara yang sama Bambang Hartono selaku Kuasa Hukum menjelaskan kalau masalah ini tidak terlalu ribet. Karena hanya perihal kesalahpahaman terkait hak kelola, namun yang dirugikan adalah pihak PT Saranagraha Adi Sentosa yang seharusnya lima tahun lagi berhak mengelola lapangan.

Oleh karena itu, dia menegaskan pihak INKOPAU tidak gegabah dan mematuhi hukum yang berlaku. Pihak Adisentosa ingin kasus tersebut diselesaikan melalui sidang di pengadilan.

“Tuntutan kami sangat sederhana, yakni mengembalikan hak kami yang disepakati sebelumnya, yang disepakati selama 30 tahun. Tahun ini baru tiba 25 tahun sedangkan dalam perjanjiannya masih tersisa hak pengelolaan selama 5 tahun kedepan,” kata Bambang Hartono.

“Kita hanya meminta pihak ketiga yang mampu menjelaskan dan bisa melihat secara jernih, karena mereka tidak berkepentingan apapun untuk menyerahkan pengelolaan golf ini kepada kita,” imbuhnya.

Untuk diketahui, lapangan golf ini dibangun dan dikelola oleh PT Saranagraha Adi Sentosa (SAS) sejak 1996.

Matoa Nasional Golf Course (MNGC) merupakan lapangan golf yang dibangun dan dikelola oleh PT Saranagraha Adi Sentosa (SAS) sejak 1996.

MNGC adalah sebuah lapangan golf yang terletak di daerah Cipedak, Jakarta Selatan dan memiliki sejarah panjang yang membanggakan Indonesia sebagai tempat penyelenggaraan sejumlah kejuaraan golf nasional maupun Internasional.

Bahkan pernah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan olahraga Golf untuk SEA Games. Namun, tahun ini tiba-tiba ada pemberitahuan kalau lapangan ini akan diambil alih oleh pihak INKOPAU dengan alasan kontraknya sudah tiba.(ud/ed).

LEAVE A REPLY